Tuesday 3 February 2015

GULA HELA

GULA HELA “SABU”
Pernahkah anda mendengar nama gula hela? Gula hela merupakan makanan khas dari Sabu, Nusa Tenggara Timur. Makanan ini sangatlah terkenal di Nusa Tenggara Timur terutama di pulaunya sendiri  yaitu Sabu, makanan khas yang terbuat dari pohon lontar dengan bentuk dan rasa yang unik serta teksturnya yang keras membuat makanan ini serupa dengan sebatang kayu.
                Pohon lontar mempunyai banyak sekali manfaat yang tidak dapat disebutka satu per satu, antara lain daun lontar dapat digunakan sebagai bahan kerajinan seperti kipas, tikar, topi, aneka anyaman keranjang dan yang sangat terkenal daun lontar ini digunakan dalam pembuatan sasando, alat musik tradisional dari pulau Rote.
Dari karanganbunganya dapat disadap untuk menghasilkan nira lontar.Nira ini dapat diminum langsung juga dapat dimasak menjadi gula merah atau difermentasi menjadi tuak, sejenis minuman beralkohol

Pembuatan gula hela


Gula tarik atau yang lebih dikenal dengan gula hela dengan rasanya yang manis dan cara membuatnya yang unik dengan cara ditarik panjang, laludipotong-potong menjadi beberapa bagian sesuai dengan pesanan ataupun selera.





Cara membuat :
Bahan-bahan:
1.  Air
2.  Minyak
3.Gulapasir
4.Gulamerah
5.Kacangtanah

Alat:
1. Wajan
2. Sendok kayu

Cara membuat:

1.  Masak air, minyak, gulapasir, gula lempeng secara bersamaan sampai mendidih. Pembuatan gula hela membutuhkan nyala api yang sangat besar untuk itu dalam proses memasak menggunakan tungku api.
2.  Setelah mendidih angkat dan tuangkan keloyang yang telah di siapkan sebelumnya.
3.  Campurkan kacang tanah di dalam adonan.
4.  Setelah itu ratakan semua kacang tanah yang telah dicampurkan tersebut.
5.  Apabila kacang tanah telah rata maka adonan siap untuk di bentuk.
6.  Adonan tadi di bentuk dengan cara di tarik sesuai ukuran yang di inginkan. Dalam proses pembentukan ini membutuhkan kecepatan karena jika terlalu lama membentuknya maka gula tersebut akan beku dan tidak dapat dibentuk lagi. Pembuatan gula hela ini membutuhkan seorang ahli professional.
7. Setelah itu adonan tadi siap untuk dibungkus dan di pasarkan.

REVIEW:
Makanan ini bisa disebut lollipop orang NTT.bentuknya yang memanjang dengan rasa manis dan ada potongan kacang kecil kecil, membuat makanan ini digemari kalangan anak kecil sampai kalangan orang dewasa. Rasanya sangat enak dan makanan ini lebih enak lagi dengan secangkir the, kopi atau sebagai cemilan biasa. Makanan ini adalah makanan yang patut anda coba sekali seumur hidup J

No comments:

Post a Comment