Tuesday 3 February 2015

Bajabu abon Ikan Khas Makassar


Bajabu abon ikan dari makassar
Bajabu, bahasa aneh ya? Ini nama jenis makanan, yang saya kurang tahu apa artinya secara jelas. Yang pasti bajabu kalau dimakan pakai nasi panas..asli deh enak.

Sejak kecil bajabu hampir selalu ada di meja makan kami, tepatnya di dalam toples. Resep bajabu ikan ini mungkin hanya beberapa saja yang memberitahu secara luas.Bahkan konon bajabu ini sudah sulit sekali ditemukan hanya beberapa restoran dan penjual penjual yang menjajakan makanan enak yang satu ini.
 Resep Bajabu:

Bahan-bahan:
1kg ikan tongkol (kukus dengan garam dan lada, suir buang duri,sisihkan)
1kg santan (beli jadi di pasar) atau
1bungkus kara yang besar campur dengan sedikit air matang
*santan dimasak hingga minyaknya keluar +/- 1jam

 Bumbu yang dihaluskan:
3sdm ketumbar bubuk
4cm lengkuas
3cm jahe
10 buah bawang merah
6siung bawang putih
2sdm lada
4batang serai, rajang
garam secukupnya
gula sedikit

Cara memasak:
Masukkan suiran ikan tongkol yang sudah matang sebelumnya kedalam santan yang sudah mengeluarkan minyak. Masak hingga kering seperti abon. angin2kan,simpan dalam toples.


 REVIEW:
Bajabu ini adalah makanan pendamping nasi yang sangat enak apalagi menikmati dengan nasi panas,hangat. ikan yang dikukus dengan rempah rempah lalu digoreng membuat rasa rempah rempahnya sangat teresap kedalam ikan yang dikukus. lalu di goreng dan ditumbuk hingga menjadi abon.karena sudah sulit ditemukan makanan bajabu ini hanya dapat ditemukan pada bulan puasa saja.  jadi jika anda menemukan dan sempat merasakan rasanya abon ikan yang sangat enak ini anda termasuk orang yang beruntung hehe :).

No comments:

Post a Comment